Adapun langkah-langkahnya, antara lain:

  • Login ke WHM > Menu DNS Functions > klik “Edit DNS Zone”
  • Kemudian akan muncul Daftar Domain > sorot nama domain yang akan Sobat edit DNS-nya
  • Kemudian klik “Edit“
  • Setting Private NameServer Domain
  • Kemudian masukan pada kolom isian NameServer "namadomain.web.id" (sesuai dengan singkatan yang Sobat buat pada Child Name Server), dalam contoh ini adalah ns1dst.
  • Masukan ns1 pada kolom kiri > select “A record”  > masukkan IP yang sesuai dengan IP yang diberikan oleh Reseller Hosting Provider Sobat
  • Klik “Save”

Edit DNS pada WHM untuk setting Private NameServer Reseller Hosting Sobat sudah selesai

Sehingga ketika Sobat membuat cPanel bagi klien Sobat, email yang terkirim ke klien Sobat, menerangkan bahwa private name server di atas (klien tinggal mengarahkan ke: ns1.namadomain.web.id & ns2.namadomain.web.id)

Account Creation Status: failed
Sorry, a DNS entry for domainname.com already exists, please delete it first (from all servers in the dns cluster)

Sobat jangan lantas jadi bingung, karena Ini artinya bahwa DNS zone untuk domain tersebut telah tersedia di server, sehingga Sobat tidak bisa mengcreate akun CPanel untuk domain tersebut.

Penyebab : biasanya karena Sobat sudah mengcreate akun tersebut sebelumnya, dan menghapusnya. Yang perlu diperhatikan adalah, saat Sobat menghapus domain tersebut, ternyata Sobat memberi centang opsi “Keep DNS Zone (necessary if removing an account because you have already moved it to a different server in the same DNS cluster)”. Seharusnya Sobat tidak mencentangnya.

Pemecahannya adalah, dengan meng-klik link “Delete a DNS Zone” di WHM, lalu cari nama domain yang Sobat ingin hapus DNS zone-nya. Setelah tahap ini atau Sobat menghapusnya, maka Sobat sudah dapat kembali mengcreatenya kembali.